Sunday, November 10, 2013

Proposal Usaha Bisnis Kursus Bahasa Inggris



Pada suatu daerah terdapat beberapa perumahan baru rata-rata berumur dibawah 9 tahun. Dimana jumlah rumah yang akan dibangun dalam perumahan tersebut rata-rata diatas 2000 rumah. Pada perumahan yang berumur 7 tahun dimana rumah yang sudah terisi + 60% dari 2800 rumah yang akan dibangun. Rumah yang sudah terisi tersebut rata-rata dihuni oleh keluarga baru (baru menikah) sebagian besar telah mempunyai 1 – 2 anak yang berumur 0 – 5 tahun dan sebagian lagi berumur 6 – 20 tahun. Diperkirakan pertumbuhan anak-anak di perumahan tersebut akan terus bertambah hingga perumahan tersebut berumur + 25 tahun.
Sebagaimana kita ketahui semua orang tua ingin anaknya cerdas dan pintar. Untuk mencapai keinginan tersebut otomatis ia harus menyekolahkan anaknya sedini mungkin, agar tidak terlambat dalam pertumbuhan pribadi anak tersebut, baik itu pendidikan formal ataupun pendidikan non formal.
Dalam komplek tersebut sudah berdiri sebuah sekolah dasar dengan murid yang cukup ramai. Dan juga dalam komplek tersebut banyak anak-anak berumur setingkat sekolah dasar.
Diperkirakan permintaan Kursus Bahasa Inggris untuk anak-anak di perumahan tersebut cukup besar, apalagi perumahan tersebut belum terisi penuh. Sehingga diperkirakan pertumbuhan jumlah anak-anak diperumahana tersebut sangat tinggi.
I.      KEPEMILIKAN DAN Pengurus Usaha
Pemrakarsa
Dengan latar belakang diatas, maka saya merencanakan untuk membangun Kursus Bahasa Inggris diperumahan tersebut, yang lokasinya tidak jauh dari sekolah dasar tersebut. Kebetulan dilokasi tersebut ada rumah yang dikontrakan dan saya telah membayar Down payment untuk mengontrak rumah tersebut. Mengingat dana saya tidak mencukupi untuk membangun usaha Kursus Bahasa Inggris tersebut, saya mengajak rekan-rekan yang mau bermitra dengan saya atau pihak bank untuk meminjamkan dananya dalam rangka menutupi kekurangan dana investasi tersebut.
Kepemilikan Usaha
Proyek usaha Kursus Bahasa Inggris ini merupakan usaha perorangan, dimana pengurus usaha adalah:
Pemilik & Pimpinan                : Sandrina
Dibantu dengan                      : 6 orang guru dan 2 orang karyawan lainnya
Riwayat hidup pemilik. Saat ini saya masih mengelola dan mengajar bahasa inggris ditempat lain. Sedangkan Kursus Bahasa Inggris akan dipimpin oleh saya sendiri dan saya akan berhenti bekerja, jika usaha ini sudah mulai berjalan. Untuk lebih jelas tentang Curriculum Vitae (CV) saya, maka saya lampirkan dalam proposal ini.
Modal Usaha
Modal dasar usaha dan telah disetorkan sebesar Rp 5.400.000 (Lima juta empat ratus ribu rupiah) berupa Kas & Bank.
Surat-Surat Izin
Surat-surat izin dan referensi yang telah dimiliki dan Photo Copinya yang dilampirkan dalam proposal ini adalah:
-          Surat Domisili
-          Surat Kawin
-          Kartu keluarga
-          Kartu tanda penduduk (KTP)




II.    Pemasaran

Produk dan Segmentasi Pasar.
Kursus Bahasa Inggris merupakan tempat pelatihan ketrampilan berbahasa inggris khusus untuk anak-anak sekolah dasar. Lama kursus 1 jam 2 kali seminggu.
Segmentasi pasar Kursus Bahasa Inggris ini adalah anak-anak di perumahan ini dan beberapa perumahan tetangga.
Permintaan Produk
Dari data yang diperoleh pada kelurahan setempat bahwa jumlah anak-anak saat ini diperumhana tersebut adalah:
ITEM
Umur (Tahun)
6 - 7
7 - 8
8 - 9
9 - 10
10 - 11
11 - 12
Historikasl






Tahun-0
Penduduk Lama
223
212
208
99
93
95
Penduduk Baru
19
15
13
11
15
18
Total
242
227
221
110
108
113

Pertumbuhan anak-anak dari penghuni lama diperkirakan + 14% pertahun, sedangkan untuk pendatang baru 3,5% untuk umur 6-7 tahun, 3,5% umur 7-8 tahun, 3% umur 8-9 tahun, 2% umur 9-10 tahun, 2% umur 10-11 tahun, dan 1,5% umur 11-12 tahun (lihat rumus ramalan dalam CD).
Ramalan.
Dari data yang diperoleh dikelurahan, maka dapat kami ramalkan perkiraan pertumbuhan anak-anak diperumahan tersebut (lihat Tabel).


Download versi lengkap proposal usaha dan studi kelayakan bisnis kursus bahasa inggris :

Excel proposal usaha kursus bahasa inggris
Word Proposal kursus bahasa inggris
Excel Rumus Kursus Bahasa Inggris