Sunday, October 13, 2013

Proposal Usaha Kontraktor & Desain Interior-Exterior



Sudah mulai baiknya ekonomi Indonesia dan mulainya para pengusaha membuka kantor baru atau memperluas ruang kantor di gedung-gedung atau ruko-ruko yang mereka sewa. Agar suasana kantor yang mereka akan tempati lebih nyaman, efisien, dan aliran manusia lebih efektif. Maka mereka memerlukan orang yang ahli di bidang tersebut, untuk mendesain interior & exteriorya.
Saya adalah seorang desainer interior & exterior. Dulu saya pernah membuka usaha ini, karena Indonesia terkena krisis ekonomi maka usaha tersebut saya tutup dan saya beralih ke usaha yang lain.
Selain menjalankan usaha lain ini, saya tetap mencari order / proyek desain interior & exterior. Dari sinilah saya mengetahui bahwa saat ini permintaan akan jasa ini terus meningkat, bahkan beberapa proyek yang saya dapat di alihkan ke rekan saya, karena kurangnya tenaga kerja. Hal ini sudah berjalan hampir 1 tahun. Sehingga saya memutuskan untuk membangun usaha ini lagi dan merekrut beberapa karyawan serta mengontrak tempat usaha.
I.      KEPEMILIKAN DAN Pengurus Usaha
Pemrakarsa
Dengan latar belakang tersebut, saya merencanakan akan membangun usaha kontraktor dan desain interior & exterior, mengingat dana saya tidak mencukupi untuk membangun usaha tersebut, saya mengajak rekan-rekan yang mau bermitra dengan saya atau pihak bank untuk meminjamkan dananya dalam rangka menutupi kekurangan dana investasi tersebut.
Kepemilikan Usaha
Usaha jasa Kontraktor & Desain Interior-Exterior ini merupakan usaha berbentuk badan hokum atau CV, dimana pengurus usaha adalah:
Pemilik / Pimpinan Usaha       : Dadang S.
Total Karyawan                      :  14 Orang
Riwayat hidup pemilik. Sebelumnya saya merupakan seorang ahli desainer Interior-Exterior dan pernah membuka usaha ini. Saat ini saya mempunyai beberapa usaha lain dimana pemilik dan pengurusnya adalah saya dan istri saya. Untuk lebih jelas tentang Curriculum Vitae (CV) saya, maka saya lampirkan dalam proposal ini.
Modal Usaha
Modal dasar usaha dan telah disetorkan sebesar Rp 74.660.000 (Tujuh puluh empat juta enam ratus enam puluh ribu rupiah):
Surat-Surat Izin
Surat-surat izin dan referensi yang telah dimiliki dan Photo Copinya yang dilampirkan dalam proposal ini adalah:
-          Akta pendirian dan pengesahannya
-          TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
-          SIUP (Surat izin Usaha Pengusaha)
-          NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
-          SIBP (Surat Izin Bangun Pembangunan)
-          Surat izin Domisili
-          Surat Kawin
-          Copy BPKB Mobil
-          Kartu keluarga
-          Kartu tanda penduduk (KTP)
II.    Pemasaran
Produk & Segmentasi
Produk usaha ini adalah mendesain dan membangun interior dan exterior kantor, sehingga kantor tersebut enak dipandang, nyaman, dan effisiennya aliran manusia, barang dan informasi dikantor tersebut.
Sedangkan segmntasi usaha ini adalah para pengusaha yang akan membuka kantor baru atau perluaan kantor pada gedung perkantoran, ruko-ruko, dan rumah yang mereka jadikan kantor.
Permintaan
3 bulan terakhir ini saya mendapatkan order sebesar Rp 200.000.000 atau Rp 66.000.000 perbulan. hal ini saya jalankan hanya sambilan. Dengan membuka kantor dan merekrut tenaga kerja diperkirakan besarnya proyek yang akan didapat lebih dari 150.000.000 perbulan.


Pesaing
Pesaing usaha ini cukup banyak, tapi permintaan pasar terus meningkat, maka usaha ini akan terus berkembang bersama sesuai dengan perkembangan ekonomi di Indonesia. Sehingga pesaing dianggap tidak ada untuk 1 hingga 2 tahun kedepan.
Peluang
Karen pesaing dianggap tidak ada, maka peluang sama dengan permintaan. Sehingga proyeksi omset dapat dilihat dibawah ini [bersambung]

Download versi lengkap Proposal Usaha Kontraktor & Desain Interior-Exterior :