Wednesday, July 3, 2013

Proposal Bisnis Agen Distributor Aksesoris Motor

 Studi Kelayakan Bisnis Agen Distributor Aksesoris/Asesoris/Accessories Motor

Saya merupakan seorang yang hobby memodifikasi motor, yaitu menambah dan mengganti accessories motor, sehingga motor saya berbeda dengan yang lain. Disamping itu saya suka berpetualangan keluar kota atau daerah lain. Dalam berpetualangan saya sering mampir ke bengkel motor yang saya kunjungi untuk mengganti oli dan menservice motor saya.
Pada saat saya menservice motor banyak pemilik bengkel motor dan orang lain yang sedang menservice motornya menanyakan, dimana mendapatkan accessories motor saya. Memang accessories ini saya beli dari Bandung dan posisi saya di Pulau Sumatera.
Pada saat saya akan ke Bandung lagi untuk mencari accessories motor yang baru, beberapa bengkel motor menitipkan untuk dibelikan accessories yang pernah saya pakai, otomatis harganya saya minta dilebihkan. Disinilah awal bisnis saya dimulai.
Saat ini saya baru dapat menyuplai beberapa bengkel motor dikota tempat saya tinggal. usaha saya ini baru beroperasi + 2 bulan dengan omset perbulan + 25 juta rupiah.
Permintaan accessories motor rupanya cukup tinggi baik dikota tempat saya tinggal dan beberapa kota lainnya di sumatera, karena pernah saya tawarkan. Dengan permintaan yang tinggi tersebut, saya merencanakan untuk membangun usaha distributor accessories motor.
I.      KEPEMILIKAN DAN Pengurus Usaha
Pemrakarsa
Dengan latar belakang yang seperti diceritakan diatas, maka saya merencanakan membangun usaha Distributor Accessories Motor. Mengingat mengembangkan usaha ini memerlukan dana yang cukup besar dan terbatasanya dana saya, saya bermaksud untuk meminjam dana untuk menutupi kekurangan dana investasi saya.
Kepemilikan Usaha
Usaha Distributor Accessories Motor ini merupakan usaha perorangan, dimana pengurus usaha adalah:
Pemilik / Pimpinan Usaha       : Chandra H.
Pengurus Harian                      : Novie (istri)
Dibantu                                   : 2 orang karyawan
Riwayat hidup pemilik. Saat ini saya telah menjalankan usaha ini, tapi dalam sekala kecil atau sambilan. Untuk lebih jelas tentang riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV) saya, maka saya lampirkan dalam proposal ini.
Modal Usaha
Modal dasar usaha dan telah disetorkan sebesar Rp 32.426.000 (Tiga puluh dua juta empat ratus dua puluh enam ribu rupiah).
Surat-Surat Izin
Surat-surat izin dan referensi yang telah dimiliki dan Photo Copinya dilampirkan dalam proposal ini adalah:
-          Surat izin Domisili
-          Copy BPKB Mobil
-          Surat Kawin
-          Kartu keluarga
-          Kartu tanda penduduk (KTP)
II.    Pemasaran
Produk & Segmentasi
Produk usaha ini adalah lampu warna, pentil warna, sticker, stang, kunci anti maling, peninggi shok breaker, knalpot, dan lain-lain untuk semua jenis motor.
Sedangkan segmentasi pasarnya adalah bengkel-bengkel motor dikota tempat saya tinggal dan kota yang sering saya kunjungi.
Permintaan
Saat ini sudah mempunyai permintaan efektif sebesar 25.000.000/bulan. Dengan adanya tambahan modal kerja, diperkirakan bulan-bulan awal operasi akan meningkat 50% dan bulan-bulan berikutnya 5%-20%.
Pesaing
Saat ini belum ada distributor khusus menjual accessories motor tersebut ke daerah saya, sehingga dianggap tidak ada pesaing.
Peluang
Dari hasil analisa permintaan dan pesaing, maka proyeksi omset penjualan adalah:
Bulan
Omset
(Rp 000)
Kenaikan
(%)


Bulan-1
37,500
100.00%

Bulan-2
45,000
120.00%

Bulan-3
50,625
135.00%

Bulan-4
56,250
150.00%

Bulan-5
60,000
160.00%

Bulan-6
61,875
165.00%

Bulan-7
61,875
165.00%

Bulan-8
63,750
170.00%

Bulan-9
65,625
175.00%

Bulan-10
65,625
175.00%

Bulan-11
65,625
175.00%

Bulan-12
65,625
175.00%


III.  Lokasi dan Teknis
Lokasi Usaha
Rencana Lokasi usaha Distributor Accessories Motor ini akan dibuka dirumah saya sendiri, dipulau sumatera

Download versi lengkap / Full Version :