Friday, July 5, 2013

Proposal Usaha Agen Distributor Cemilan Snack



Studi Kelayakan Bisnis Snack Cemilan

Berdasarkan studi banding antara kota saya, Surabaya dan Jakarta, banyak makanan ringan atau snack yang tidak ada dikota saya. Makanan snack tersebut, disamping rasanya enak, harganyapun murah dan terjangkau oleh jajan anak-anak. Mengingat kota saya termasuk daerah pariwisata dan terdapat banyak industri, sehingga perekonomian disana cukup baik dan daya belipun cukup tinggi. Maka diperkirakan permintaan akan makanan cemilan atau snack disana cukup tinggi.

Jumlah toko atau warung yang menjual kebutuhan sehari-hari dan makanan snack sangat banyak, diperkirakan lebih dari 1000 toko atau warung. Setelah saya mendapatkan informasi dari asosiasi makanan snack tentang keberadaan beberapa agen tunggal, mereka bersedia menyuplai barang-barangnya ke kota saya jika saya membangun distributor disana.
I.      KEPEMILIKAN DAN Pengurus Usaha
Pemrakarsa
Dengan latar belakang yang seperti diceritakan diatas, maka saya merencanakan membangun usaha Distributor Snach - Cemilan. Mengingat keterbatasan dana dalam membangun usaha tersebut, saya bermaksud untuk meminjam dana untuk menutupi kekurangan dana investasi saya.
Kepemilikan Usaha
Usaha Distributor Snach - Cemilan ini merupakan usaha perorangan, dimana pengurus usaha adalah:
Pemilik / Pimpinan Usaha       : Suryadi.
Pengurus                                 : Harneti
Dibantu oleh                           : 10 orang karyawan
Riwayat hidup pemilik. Saat ini saya masih bekerja pada perusahaan swasta, sedangkan yang mengurus usaha ini adalah istri saya sendiri. Untuk lebih jelas tentang riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV) saya, maka saya lampirkan dalam proposal ini.
Modal Usaha
Modal dasar usaha dan telah disetorkan sebesar Rp 118.462.000 (Seratus delapan belas juta empat ratus enam puluh dua ribu rupiah).
Surat-Surat Izin
Surat-surat izin dan referensi yang telah dimiliki dan Photo Copinya dilampirkan dalam proposal ini adalah:
-          Surat izin Domisili
-          SIUP (Surat Izin Usaha Pengusaha)
-          TDP (Tanda Dartar Perusahaan)
-          NPWP (Nomor Pokok Wajik Pengusaha)
-          Sertifikat Rumah sebagai jaminan
-          Surat Kawin
-          Kartu keluarga
-          Kartu tanda penduduk (KTP)
II.    Pemasaran
Produk & Segmentasi
Produk usaha ini adalah mendistribusikan beberapa makanan cemilan atau snack keseluruh warung atau kios dikota saya. Dan juga akan menjadi agen tunggal untuk beberapa makanan snack tersebut dikota ini.
Segmentasi pasarnya adalah warung atau kios yang berada dikota ini.
Permintaan
Dari hasil survey kewarung-warung dan kios-kios yang ada dikota tersebut sebanyak 1100 unit dengan omset rata-rata Rp 200.000 perhari dan omset penjualan snack yang ada disana sebesar 30% dari total omset.
Diperkirakan omset penjualan snack yang akan yang akan didistribusikan sebesar 30% dari total omset snack.
Pesaing
Usaha distributor yang saya bangun merupakan agen tunggal dari makanan snack tersebut, sehingga saya tidak mempunyai saingan untuk merek yang sama. Tapi saingan usaha saya adalah makanan snack yang sudah ada.



Peluang
Dari hasil analisa permintaan dan pesaing, maka peluang dan proyeksi omset usaha ini adalah:
Perkiraan omset penjualan adalah:
Total permintaan snach:
(100%-30%) x 1100 unit x Rp 200.000 x 30 hari = Rp 4.620.000.000.perbulan
total permintaan snach usaha saya = 30% x Rp 4.620.000.000 = Rp 1.386.000.000
Tabel proyeksi omset usaha snach: 


Download versi lengkap / Full Version :