Monday, November 11, 2013

Proposal Bisnis Usaha Kursus Komputer



Pada suatu daerah terdapat beberapa perumahan baru rata-rata berumur dibawah 9 tahun. Dimana jumlah rumah yang akan dibangun dalam perumahan tersebut rata-rata diatas 2000 rumah. Pada perumahan yang berumur 7 tahun dimana rumah yang sudah terisi + 60% dari 2800 rumah yang akan dibangun. Rumah yang sudah terisi tersebut rata-rata dihuni oleh keluarga baru (baru menikah) sebagian besar telah mempunyai 1 – 2 anak yang berumur 0 – 5 tahun dan sebagian lagi berumur 6 - 20 tahun. Diperkirakan pertumbuhan anak-anak di perumahan tersebut akan terus bertambah hingga perumahan tersebut berumur + 25 tahun.
Sebagaimana kita ketahui semua orang tua ingin anaknya cerdas dan pintar. Untuk mencapai keinginan tersebut otomatis ia harus menyekolahkan anaknya sedini mungkin, agar tidak terlambat dalam pertumbuhan pribadi anak tersebut.
Didalam perumahan ini kami telah berhasil membangun usaha sekolah Taman Kanak-kanak (TK), Play Group dan Sekolah Dasar (SD). Dalam perjalanan mengurus sekolah ini banyak para orang tua menanyakan tentang kegiatan ektrakurikuler, khususnya tentang pelatihan computer untuk anak-anak sedangkan untuk penambahan biaya pelatihan ini, mereka tidak keberatan. Hal ini mengingat sekarang merupakan zaman komputerisasi, mereka tidak mau anaknya ketinggalan tentang pengetahuan teknologi tinggi tersebut, dan juga pada beberapa sekolah dikota-kota besar sudah menerapkan pelatihan ini.
I.      KEPEMILIKAN DAN Pengurus Usaha
Pemrakarsa
Dengan latar belakang diatas, maka saya merencanakan untuk membangun kursus/pelatihan computer disekolah SD tempat saya memimpin. Mengingat dana saya tidak mencukupi untuk membangun gedung Kursus Komputer dan fasilitas lainnya, saya mengajak rekan-rekan yang mau bermitra dengan saya atau pihak bank untuk meminjamkan dananya dalam rangka menutupi kekurangan dana investasi tersebut.
Kepemilikan Usaha
Usaha Kursus Komputer ini merupakan usaha perorangan, dimana pengurus usaha adalah:
Pemilik                                    : Ernita P.
Pemimpin harian                     : Darwin
Dibantu dengan                      : 1 orang guru Komputer
Riwayat hidup pemilik. Saat ini saya (Ernita) memimpin dan mengajar disekolah TK dan Play Group, sedangkan Kursus Komputer akan diklola oleh Pak Darwin. Untuk lebih jelas tentang Curriculum Vitae (CV) saya, maka saya lampirkan dalam proposal ini.
Modal Usaha
Modal dasar usaha dan telah disetorkan sebesar Rp 31.050..000 (Tiga puluh satu juta lima puluh ribu rupiah) berupa kas & bank.
Surat-Surat Izin
Surat-surat izin dan referensi yang telah dimiliki dan Photo Copinya yang dilampirkan dalam proposal ini adalah:
-          Surat Domisili
-          Sertifikat tanah, Hak milik
-          IMB (Izin Mendirikan Bangunan)
-          Surat Kawin
-          Kartu keluarga
-          Kartu tanda penduduk (KTP)
 
II.    Pemasaran
Produk dan Segmentasi Pasar.
Kursus Komputer merupakan pelatihan keahlian komputerisasi untuk anak-anak SD, dengan waktu kursus 1 jam, 2 kali seminggu
Segmentasi pasar Kursus Komputer ini target utama dalam pemasarannya adalah sekolah dasar tempat kursus ini dibangun.
Permintaan Produk
Jumlah murid SD yang akan ikut kursus computer dari kelas 1 hingga kelas 6 dengan rincian sebagai berikut:
Tingkatan
Jumlah kelas
Jumlah Murid
Kelas-1
2 kelas
80
Kelas-2
2 kelas
80
Kelas-3
1 kelas
40
Kelas-4
1 kelas
40
Kelas-5
1 kelas
40
Kelas-6
1 kelas
40
Total

320

Pesaing
Dalam membangun usaha kursus computer ini tidak ada pesaing (pesaing = 0).
Peluang
Karena tidak ada pesaing maka peluang sama dengan permintaan diatas. Kursus computer ini merupakan permintaan Captive Market (pasti dibeli/wajib), maka tingkat hunian (Running Capacity) awal tahun beroperasi mencapai 100%.

Kapasitas Komputer dan biaya kursus
Rencana jumlah unit computer untuk kusus ini adalah sebanyak 20 unit, Sedangkan biaya kursus dikenakan Rp 30.000/bulan atau Rp 360.000/tahun.
III.  Lokasi dan Teknis (Bersambung)



Download Versi Lengkap Proposal dan Studi Kelayakan Bisnis Kursus Komputer : 

Excel Kursus Komputer
Word/Doc Kursus Komputer
Rumus Ramalan Kursus Komputer