Friday, July 5, 2013

Proposal usaha agen distributor alat elektrikal



Studi Kelayakan Bisnis Agen Distributor Alat Electrical 
Awalnya saya merupakan karyawan suatu perusahaan panel listrik cukup besar di Jakarta. Perusahaan ini dalam merakit panel listrik rata-rata menggunakan komponen panel listrik berasal dari Jepang (hight quality). Sehingga saya banyak berhubungan dengan orang-orang Jepang sebagai expatriate diperusahaan ini.
Beberapa tahun setelah krisis perusahaan tersebut terus mengalami kerugian cukup besar, sehingga banyak perusahaan memPHK karyawan termasuk saya dan expatriate tersebut.
Beberapa tahun kemudian saya bertemu salah satu expatriate tersebut yang sedang menawarkan komponen panel listrik ke kliennya disebuah hotel. Kemudian saya berbincang-bincang akhirnya saya usulkan untuk bangun distributor di Indonesia dan ia setuju.
Dengan modal + Rp 50.000.000 dan mendapat kredit sedikit dari produsen Jepang, serta data-data perusahaan panel yang masih saya simpan dan sebagian masih kenal dengan saya. Kemudian saya tawarkan kepada mereka, hasilnya saya mendapatkan omset rata-rata Rp 150.000.000/bulan.
Belum lama ini saya mendapatkan data dari departemen perindustrian tentang alamat perusahaan panel listrik di seluruh Indonesia. Kemudian saya promosikan dan tawarkan komponen listrik tersebut, dalam beberapa hari banyak permintaan atas produk saya, tapi hanya sebagian kecil yang bisa saya penuhi, karena barang habis. Sedangkan untuk mengimpor barang lagi saya harus membayar lunas dahulu sisa hutang yang lama. Disamping itu perusahaan panel rata-rata membayar 2 minggu hingga 1 bulan. Untuk membeli atau mengimpor barang lebih banyak, saya harus membesarkan down payment (DP).
I.      KEPEMILIKAN DAN Pengurus Usaha
Pemrakarsa
Dengan latar belakang yang seperti diceritakan diatas, maka saya merencanakan mengembangkan usaha Distributor Elektrikal. Mengingat untuk mengembangkan usaha ini memerlukan dana yang cukup besar dan terbatasanya dana saya, saya bermaksud untuk meminjam dana untuk menutupi kekurangan dana investasi saya.
Kepemilikan Usaha
Usaha Distributor Elektrikal ini merupakan usaha perorangan, dimana pengurus usaha adalah:
Pemilik / Pimpinan Usaha       : Chandra H.
Pengurus Harian                      : Novie (istri)
Dibantu                                   : 7 orang karyawan
Riwayat hidup pemilik. Saat ini saya telah menjalankan usaha ini, tapi dalam sekala kecil. Untuk lebih jelas tentang riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV) saya, maka saya lampirkan dalam proposal ini.
Modal Usaha
Modal dasar usaha dan telah disetorkan sebesar Rp 190.200.000 (seratus sembilan puluh juta dua ratus ribu rupiah).
Surat-Surat Izin
Surat-surat izin dan referensi yang telah dimiliki dan Photo Copinya dilampirkan dalam proposal ini adalah:
-          Surat izin Domisili
-          Copy Sertifikat rumah
-          Surat Kawin
-          Kartu keluarga
-          Kartu tanda penduduk (KTP)
II.    Pemasaran
Produk & Segmentasi
Produk usaha ini adalah komponen panel listrik dan komponen listrik lainnya. Dimana produknya di impor dari Jepang, seperti: Toyogiken, Fuji, dan Mitsubishi.
Sedangkan segmentasi pasar ini adalah :
-          Perusahaan Panel Listrik
-          Kontraktor Elektrikal
-          Perusahaan listrik Negara (PLN)
-          Dan lain-lain
Permintaan
Permintaan efektif atau penjualan yang telah tercapai saat ini rata-rata Rp 150.000.000/bulan. Jika kredit modal kerja cair, maka diperkirakan omset penjualan pada awal proyeksi meningkat tajam 2 kali lipat dan selenjutnya meningkat 5% perbulan.
Pesaing
Pesaing usaha ini cukup banyak dan mereka merupakan perusahaan besar dengan biaya operasional yang tinggi, sehingga harga jual produk mereka jauh diatas produk saya. Diperkirakan akan mendapat merebut sebagian kecil dari pasar mereka (kecil untuk mereka, tapi besar untuk usaha saya). 


Download Versi Lengkap / Full Version :