Studi Kelayakan Bisnis Proyek Parfum Isi Ulang
I. Latar Belakang
Pada era krisis sekarang ini banyak orang menekan
biaya hidupnya. Dimana biasanya mereka membeli barang keperluan sehari-hari
dengan harga yang relative mahal. Tetapi setelah mereka merasakan sulitnya
mencari uang pada saat ini, dan pendapatan yang sudah tidak seimbang lagi
dengan kebutuhan, maka solusinya mereka mencari barang alternative yang lebih
murah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Salah satunya adalah parfum. Ketika kami survey ke
beberapa toko parfum, mereka mengatakan cukup banyak pelanggan mereka yang
biasanya membeli parfum mahal beralih ke parfum yang lebih murah. Dan ketika
kami juga mensurvey ke beberapa usaha parfum isi ulang, mereka mengatakan 1
tahun terakhir ini permintaan atas parfum isi ulang yang bermerek cukup tinggi.
Setelah kami mensurvey ke beberapa mal, kami menemukan
sebuah mal cukup besar dan belum ada yang membuka usaha parfum isi ulang.
Pengelola mal tersebut mengatakan masih ada beberapa counter yang masih kosong.
PEMRAKARSA
Atas dasar latar belakang diatas dan beberapa hasil
analisa survey kelapangan yang akan dijelaskan, maka saya bernama Candra Darmawan merencanakan untuk
membangun usaha Parfum Isi Ulang.
Dimana usaha yang akan dibangun ini merupakan usaha baru saya.
KEPEMILIKAN USAHA
Proyek usaha Parfum Isi Ulang ini merupakan usaha
perorangan dimana pengurus usaha adalah anggota-anggota keluarga terdekat,
yaitu:
Pemilik / Pimpinan Usaha : Candra Darmawan (Suami)
Karyawan :
Wenny
Riwayat hidup pemilik, saat ini saya masih
bekarja sebagai karyawan pada sebuah perusahaan swasta, sedangkan yang mengurus
usaha saya adalah istri saya dibantu 1 orang karyawan. Untuk lebih jelas
tentang Curriculum Vitae (CV) saya, maka saya lampirkan dalam proposal ini.
MODAL USAHA
Modal dasar usaha dan telah disetorkan sebesar Rp 10.375.000
(sepuluh juta tiga ratus tujuh puluh lima
ribu rupiah) berupa dana kas / bank.
Surat-surat Izin
Surat-surat izin dan referensi yang telah dimiliki
dan Photo Copinya yang dilampirkan dalam proposal ini adalah:
-
Surat izin Domisili
-
Surat Kawin
-
Kartu keluarga
-
Kartu tanda penduduk (KTP)
II. Pemasaran
Produk
& Segmentasi
Produk usaha ini adalah menjual parfum isi ulang,
dijual per milliliter, dan dapat menggunakan botol aslinya atau botol yang
disediakan. Bibit minyak wangi didapat dari daerah cililitan Jakarta. Bibit tersebut dicampur alcohol.
Segmentasi usaha ini adalah masyarakat menengah
kebawah yang sering dating ke mal.
Permintaan
Dari hasil survey pada mal yang hampir sama besar dan
ramainya, mereka mendapatkan omset perhari + Rp 1.000.000 per hari atau
Rp 30.000.000 perbulan.
Diperkirakan omset usaha ini akan sama dengan mal
tersebut.
Pesaing
Dalam mal ini belum ada yang membuka usaha ini.
Peluang
Karena pesaing tidak ada, maka peluang sama dengan
permintaan. Proyeksi omset usaha ini dapat dilihat pada table dibawah ini.
Bulan
|
Penjualan
|
Omset
(Rp 000) |
||
Volume
(milliliter) |
Kenaikan
(%) |
Harga Jual
(Rp 000/ml) |
||
Bulan-1
|
14,000
|
70%
|
1,500
|
21,000
|
Bulan-2
|
16,000
|
80%
|
1,500
|
24,000
|
Bulan-3
|
18,000
|
90%
|
1,500
|
27,000
|
Bulan-4
|
20,000
|
100%
|
1,500
|
30,000
|
Bulan-5
|
20,000
|
100%
|
1,500
|
30,000
|
Bulan-6
|
20,000
|
100%
|
1,500
|
30,000
|
Bulan-7
|
20,000
|
100%
|
1,500
|
30,000
|
Bulan-8
|
20,000
|
100%
|
1,500
|
30,000
|
Bulan-9
|
20,000
|
100%
|
1,500
|
30,000
|
Bulan-10
|
20,000
|
100%
|
1,500
|
30,000
|
Bulan-11
|
20,000
|
100%
|
1,500
|
30,000
|
Bulan-12
|
20,000
|
100%
|
1,500
|
30,000
|
Mengingat usaha baru dibuka, maka omset penjualan pada
awal bulan belum mencapai yang ditargetkan.
Download versi lengkap / full version :