Monday, July 1, 2013

Proposal Bisnis Virtual Office / Kantor Maya / Sewa Alamat Kantor


Studi Kelayakan Bisnis Virtual Office / Kantor maya

Usaha ini diawali saya dan rekan bisnis saya menumpang alamat kantor untuk menjalankan bisnisnya pada rekan saya yang lain. Hal ini saya lakukan karena belum cukupnya dana untuk menyewa kantor dan menggaji karyawan. Informasi bolehnya meminjam alamat kantor menyebar keteman-teman lain dan rekan saya pemilik kantor sulit untuk menolak permintaan mereka.

Beberapa bulan kemudian cukup banyak rekan saya meminjam alamat kantor dan kondisi ini sangat mengganggu operasional usaha rekan saya pemilik kantor.

Akhirnya saya dan beberapa rekan memutuskan akan menyewa kantor bersama-sama dan memperbolehkan rekan-rekan yang lain menggunakan alamat tersebut dengan syarat membayar iuran.

Beberapa bulan kemudian setelah saya menyewa kantor cukup banyak rekan dan dari rekan yang ingin ikut atau berminat untuk menyewa alamat kantor disini. Karena cukup banyak yang berminat untuk menyewa alamat kantor dan luas ruang kantor disini sangat terbatas, akhirnya saya memutuskan untuk memperluas kantor tersebut dan menambah tenaga sekretaris.
Mengingat perluasan kantor tersebut tidak mungkin dilakukan dikantor ini, maka saya merencanakan akan menyewa sebuah ruko.

I.      KEPEMILIKAN DAN Pengurus Usaha

Pemrakarsa

Dengan latar belakang yang seperti diceritakan diatas, maka saya merencanakan membangun usaha Virtual Office dengan menyewa sebuah ruko. Mengingat keterbatasan dana dalam membangun usaha tersebut, saya bermaksud untuk meminjam dana untuk menutupi kekurangan dana investasi saya.

Kepemilikan Usaha

Usaha Virtual Office ini merupakan usaha perorangan, dimana pengurus usaha adalah:
Pemilik / Pimpinan Usaha       : Chandra H.
Pengurus Harian                      : Novie (istri)
Dibantu                                   : 4 orang karyawan
Riwayat hidup pemilik. Saat ini saya masih mengontrak kantor pada sebuah gedung perkantoran untuk menjalankan virtual office ini. Untuk lebih jelas tentang riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV) saya, maka saya lampirkan dalam proposal ini.

Modal Usaha
Modal dasar usaha dan telah disetorkan sebesar Rp 55.000.000 (Lima puluh lima  juta rupiah).
Surat-Surat Izin

Surat-surat izin dan referensi yang telah dimiliki dan Photo Copinya dilampirkan dalam proposal ini adalah:
-          Surat izin Domisili
-          Copy BPKB Mobil
-          Surat Kawin
-          Kartu keluarga
-          Kartu tanda penduduk (KTP)
II.    Pemasaran
Produk & Segmentasi
Virtual Office adalah kegiatan penyewaan alamat kantor, tetapi mereka tidak berkantor disana, segala kegiatan informasi bisnis, jadwal pertemuan, pesanan barang dan sebagainya akan di tangani oleh sekretaris, kemudian di informasikan melalui telpon, SMS, atau E-mail. disisi lain mereka boleh meminjam ruang meeting dan akan dikoordinir oleh sekretaris.
Segmentasi pasar usaha ini adalah para wirausaha baru yang bekum cukup modal untuk menyewa kantor, mereka adalah:
-          Teman-teman lama
-          Teman-teman baru (teman dari teman)
Permintaan
Saat ini kami telah mempuyai klien yang pasti akan ikut menyewa alamat kantor ini sebanyak 12 klien. Dari informasi dari rekan lain bahwa ada sekitar 5 orang lagi yang akan menyewa alamat kantor tersebut. Diperkirakan akan terus banyak menyewa alamat kantor seiring promosi dari rekan-rekan saya.
Pesaing
Usaha penyewa alamat kantor sudah ada beberapa yang mendirikan, tapi usaha ini biasanya disewakan hanya kepada rekan-rekan yang dikenal saja. Sehingga persaingan secara terbuka kemungkinan kecil terjadi, maka pesaing dianggap tidak ada.
Peluang
Mengingat pesaing dianggap tidak ada, maka peluang sama dengan permintaan
Rate Sewa
Kegiatan usaha ini dibagi 2, yaitu:
-          Sewa alamat kantor, rate perbulan Rp 2.000.000/perorang
-          Sewa ruangan meeting Rp 50.000/jam (352 jam/2 unit /bulan)
 


Download Versi Lengkap / Full version :