Monday, June 24, 2013

Proposal Usaha Tinta Refill



STUDI KELAYAKAN BISNIS PROYEK REFILL / ISI ULANG TINTA PRINTER

I.   Latar Belakang

Mahalnya harga isi cartridge tinta printer komputer membuat para penggunanya; seperti mahasiswa, dan pengusaha kecil agak kebingungan. Hal ini mengingat kantong mereka agak terbatas, apalagi beberapa merek printer harga cartridge nya sangat mahal hingga ratusan ribu rupiah, sedangkan 1 cartridge hanya dapat mencetak + 30 lembar HVS, sehingga harga ngeprint per halaman + Rp 4.000,-.
Tapi setelah timbul tinta isi ulang (refill tinta) untuk cartridge tersebut dengan harga yang sangat murah mereka cukup lega. Dimana harga cetak (Print) 1 halaman HVS dengan tinta refill antara Rp 200 hingga Rp 500 perhalaman HVS tergantung jenis printer dan cartridgenya.
Memang banyak tinta isi ulang yang disuntik / diisi secara manual yang dijual dipasaran, tapi kualitasnya kurang baik dan juga sering merusak cartridge atau printernya, sehingga pemakainya berspekulasi menggunakan tinta jenis ini.
Mesin pengisi tinta isi ulang memang ada dan hasilnya bagus seperti aslinya. Mengingat mesin tersebut sangat mahal, sehingga banyak orang yang membuka usaha Refil Tinta tersebut.
Sayangnya usaha refill tinta dengan mesin khusus tersebut kebanyakan hanya ada di kota-kota besar, untuk daerah kabupaten kami belum ada, padahal permintaan cukup banyak, baik dari pengusaha-pengusaha kecil ataupun mahasiswa. 

II.  PEMRAKARSA
Dengan latar belakang diatas, maka saya bernama Prawira Sadjoko merencanakan untuk membangun usaha Refil Tinta Printer tersebut. Dimana saya telah mempunyai pengalaman dalam pengelolaan usaha Refil Tinta Printer dan saya sudah pernah kerja diperusahaan Refill Tinta + 3 tahun. Sehingga saya cukup mengerti mengenai seluk beluk dan operasional usaha tersebut. Lebih detail tentang rencana usaha tersebut dapat lebih lanjut proposal ini.

III. KEPEMILIKAN USAHA
Usaha Refil Tinta Printer ini merupakan usaha perorangan dimana pengurus usaha adalah anggota-anggota keluarga terdekat, yaitu:
Pemilik / Pimpinan Usaha       : Prawira Sarjoko
Pengurus Harian                      : Pangestu Sarjoko
Total jumlah Karyawan: 3 orang
Riwayat hidup pemilik, saat ini saya masih bekarja sebagai karyawan pada sebuah perusahaan kios refill tinta, sementara waktu yang menjalankan usaha saya adalah saudara saya. Untuk lebih jelas tentang Curriculum Vitae (CV) saya, maka saya lampirkan dalam proposal ini.

MODAL USAHA
Modal dasar usaha dan telah disetorkan sebesar Rp 9.200.000 (Sembilan juta dua ratus ribu rupiah).
Surat-surat Izin
Photo Copy surat-surat izin dan referensi yang telah dimiliki dilampirkan dalam proposal ini adalah:
-          Surat izin Domisili
-          SIUP (Surat Izin Usaha Pengusaha)
-          TDP (Tanda Dartar Perusahaan)
-          NPWP (Nomor Pokok Wajik Pajak)
-          Surat Kawin
-          Kartu keluarga
-          Kartu tanda penduduk (KTP)
IV.  Pemasaran
Produk dan Segmentasi
Produk usaha ini adalah menjual tinta komputer isi ulang untuk berbagai merek.
Sedangkan segmentasi usaha ini adalah mahasiswa dan masyarakat di kabupaten ini.
Permintaan
Dari hasil survey kami kebeberapa toko komputer, dimana mereka menjual Cartridge printer perhari 3 hingga 15 cartridge, hal ini tergantung lokasi toko tersebut. Sedangkan total toko yang menjual komponen computer tersebut + 20 toko, diperkirakan permintaan Cartridge tersebut + 150 unit perhari pada kota tersebut. Dan juga kami mengadakan survey ke beberapa rental komputer mereka menggunakan Refil tinta tersebut, tapi mereka harus mengisinya ke kota lain.
Perkiraan permintaan Refil tinta printer dengan menggunakan mesin khusus + 100 unit perhari dan akan berkembang terus, karena:
-          Wirausaha dikota tersebut bertambah
-          Tingkat kreatifitas akan meningkat karena murahnya harga tinta refill printer tersebut
Dalam awal bulan pembukaan usaha ini, diperkirakan hanya 15 unit refill tinta perhari, mengingat usaha masih belum dikenal dan akan berkembang terus.

Harga Jual dan Harga Pokok
Harga standar refill tinta ini umumnya Rp 25.000 unit dan juga tergantung ukuran cartridge dan jenis printer. Sdangkan harga pokoknya 40% dari harga jual.

Pesaing
Hingga saat ini belum ada yang membuka usaha tersebut. Sehingga dapat dikatakan dalam 1 tahun kedepan belum ada pesaing yang akan masuk.


Download versi lengkap / full version :