Sunday, July 21, 2013

Proposal Usaha Bisnis Toko Optik



Pada suatu kota atau kabupaten telah berdiri suatu mal yang cukup besar. Mal tersebut baru beroperasi + 2 tahun dimana pengunjungnya cukup ramai. Tapi didalam mal tersebut belum ada yang membuka usaha toko optik (kacamata).
Pada kota atau kabupaten tersebut memang ada beberapa toko optik dipinggir jalan dan pelanggannya cukup banyak, sehingga untuk membangun sebuah toko optik dikota tersebut masih sangat layak. Sehingga saya merencanakan untuk membangun toko optik dikota tersebut.
Tapi melihat ada sebuah mal dikota tersebut dan mal tersebut sangat nyaman, bersih, sehingga banyak orang ber kunjung kesana dan sebagian pengunjung menghabiskan uangnya dimal tersebut.
Maka saya merencanakan membangun usaha toko optik dimal tersebut, diperkirakan dalam beberapa bulan operasional toko optik saya akan menyerap bagian pasar (market share) diatas rata-rata.
I.      KEPEMILIKAN DAN Pengurus Usaha
Pemrakarsa
Dengan latar belakang yang seperti diceritakan diatas, maka saya merencanakan membangun usaha Toko Optik. Mengingat keterbatasan dana dalam membangun usaha tersebut, saya bermaksud untuk meminjam dana untuk menutupi kekurangan dana investasi saya.
Kepemilikan Usaha
Usaha Toko Optik ini merupakan usaha perorangan, dimana pengurus usaha adalah:
Pemilik / Pimpinan Usaha       : Chandra H.
Pengurus Harian                      : Novie (istri)
Dibantu                                   : 5 orang karyawan
Riwayat hidup pemilik. Saat ini saya masih bekerja pada sebuah perusahaan swasta, sedangkan yang mengurus usaha ini merupakan istri saya sendiri dan dibantu karyawan. Untuk lebih jelas tentang riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV) saya, maka saya lampirkan dalam proposal ini.
Modal Usaha
Modal dasar usaha dan telah disetorkan sebesar Rp 33.131.000 (Tiga puluh tiga juta seratus tiga puluh satu ribu rupiah).
Surat-Surat Izin
Surat-surat izin dan referensi yang telah dimiliki dan Photo Copinya dilampirkan dalam proposal ini adalah:
-          Surat izin Domisili
-          Copy BPKB Mobil
-          Surat Kawin
-          Kartu keluarga
-          Kartu tanda penduduk (KTP)
II.    Pemasaran
Produk & Segmentasi
Toko Optik yang dimaksud disini adalah toko yang menjual kaca mata berikut bingkainya dan juga pemeriksaan mata. Sedangkan jenis kacamatanya adalah:
-          Kaca mata biasa atau kacamata anti silau
-          Kaca mata min atau plus
-          Penggantian lensa kaca mata
-          Service kaca mata
Permintaan
Dari hasil survey keseluruh toko optic yang ada dikota tersebut sebanyak 5 toko optic, dimana total omset mereka mencapai Rp 360.000.000 perbulan. Jika saya jadi membuka toko optic, maka dikota tersebut mempunyai 6 toko optic, sehingga omset rata-rata setiap toko adalah Rp 360.000.000 : 6 = Rp 60.000.000 perbulan.
Mengingat lokasi tempat usaha saya dimal dan situasinya lebih nyaman, lebih ramai, maka diperkirakan omset usaha saya diatas 20% dari rata-rata setelah beberapa bulan kedepan.
Pesaing
Pesaing yang sudah ada dikota tersebut sebanyak 5 toko optic, dan sudah dijelaskan diatas.

Peluang
Berdasarkan analisa permintaan dan pesaing, maka proyeksi peluang toko optic yang saya akan bangun adalah:
Bulan
Bulan
Rata-rata permintaan
(Rp 000)
Peluang (Toko Baru)
Keunggulan
(%)
Keunggulan
(Rp 000)
Total
(Rp 000)
Bulan-1
60.000
0%
0
60.000
Bulan-2
60.000
5%
3000
63.000
Bulan-3
60.000
10%
6000
66.000
Bulan-4
60.000
15%
9000
69.000
Bulan-5
60.000
20%
12.000
72.000
Bulan-6
60.000
20%
12.000
72.000
Bulan-7
60.000
20%
12.000
72.000
Bulan-8
60.000
20%
12.000
72.000
Bulan-9
60.000
20%
12.000
72.000
Bulan-10
60.000
20%
12.000
72.000
Bulan-11
60.000
20%
12.000
72.000
Bulan-12
60.000
20%
12.000
72.000

Harga pokok
Harga pokok Kaca mata adalah:
Kaca mata biasa atau anti silau 75,00%
Kaca mata min atau plus 70,00%
Service dan Ganti lensa 65,00%

Download versi lengkap proposal dan studi kelayakan bisnis Toko Optik :