Friday, June 28, 2013

Proposal Usaha Tiketing, Traveling/Biro Perjalanan



Studi Kelayakan Bisnis Usaha Ticketing dan Traveling
Pada suatu propinsi dimana perkembangan bisnis dan industri disana sangat maju pesat, dikarenakan pemerintah daerah tersebut mengeluarkan undang-undang atau peraturan yang meringankan bagi pengusaha. Juga mampu mengundang investor dari dalam ataupun luar negeri untuk berinvestasi disana. Pengusaha-pengusaha yang berinvestasi disana merupakan pengusaha kelas kakap, sehingga banyak wirausaha-wirausaha muda membangun usaha kecil-kecilan untuk memenuhi dan melengkapi kebutuhan-kebutuhan perusahaan besar disana.
Pada propinsi tersebut cukup banyak expatriate baik dari luar kota ataupun luar negari yang bekerja disana dan juga banyak para bisnismen yang datang kesana, begitu juga sebaliknya.
Sedangkan pelabuhan udara cukup jauh dari kawasan industri atau pun pusat kota. Untuk membeli ticket mereka mendapat kesulitan. Disamping itu mereka memerlukan jasa antar jemput tamu-tamu mereka yang datang kesana. Hal ini menimbulkan inspirasi saya untuk membuka agen ticketing dan traveling.
I.      KEPEMILIKAN DAN Pengurus Usaha
Pemrakarsa
Dengan latar belakang yang seperti diceritakan diatas, maka saya merencanakan membangun usaha Ticketing & Traveling. Mengingat keterbatasan dana dalam membangun usaha tersebut, saya bermaksud untuk meminjam dana untuk menutupi kekurangan dana investasi saya.
Kepemilikan Usaha
Usaha Ticketing & Traveling ini merupakan usaha berbentuk badan hokum CV, dimana pengurus usaha adalah:
Pemilik / Pimpinan Usaha       : Chandra H.
Pengurus Harian                      : Novie (istri)
Dibantu                                   : 8 orang karyawan
Riwayat hidup pemilik. Saat ini saya masih bekerja sebagai pegawai negeri, dimana dalam 2 tahun lagi saya akan pensiun, sementara ini yang mengurus usaha ini adalah istri saya dan dibantu karyawan. Untuk lebih jelas tentang riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV) saya, maka saya lampirkan dalam proposal ini.
Modal Usaha
Modal dasar usaha dan telah disetorkan sebesar Rp 24.150.000 (Dua puluh empat juta seratus lima puluh ribu rupiah).
Surat-Surat Izin
Surat-surat izin dan referensi yang telah dimiliki dan Photo Copinya dilampirkan dalam proposal ini adalah:
-          Akta Pendirian dan pengesahan kehakiman
-          TDP (Tanda daftar perusahaan)
-          SIUP (Surat Izin Usaha Pengusaha)
-          Surat izin Domisili
-          Copy BPKB Mobil
-          Surat Kawin
-          Kartu keluarga
-          Kartu tanda penduduk (KTP)
II.    Pemasaran
Produk & Segmentasi
Produk usaha ini adalah jasa menjual ticket pesawat dengan cara pembayaran tunai, dan credit card, serta menyediakan jasa antar-jemput.
Segmentasi usaha ini adalah parabisnismen dan tamu mereka yang datang kesana, karyawan, dan masyarakat kota tersebut.
Permintaan
Permintaan akan transportasi udara pada kota ini terus meningkat seiring dengan perkembangan bsinisnya. Beberapa perusahaan penerbangan menambah rute mereka kekota ini, hal ini membuktikan berkembangnya permintaan ticket, sehingga untuk membangun usaha ticketing dan traveling di kota ini sangat menjanjikan.
Dari hasil survey pada agen ticketing yang sudah beroperasi disana, ia mengatakan penjualan ticket sangat meningkat tajam beberapa bulan terakhir ini, ia mampu menjual 325 ticket perhari atau omset sebesar Rp 162.000.000.perhari atau Rp 4.875.000.000 perbulan, dengan harga rata-rata Rp 500.000/ticket.
Pesaing
Saat ini ada 2 agen ticketing di kota tersebut, tapi mereka hanya menjual ticket saja. Dengan adanya tambahan travel untuk antar jemput, maka diperkirakan sebagian dari pelanggan mereka akan keserap ke agen ticketing dan traveling yang akan dibangun.
Peluang
Dari hasil analisa permintaan dan pesaing diatas, maka proyeksi dan besarnya peluang untuk usaha ini adalah: Rp 5.850.000.000
Total omset 2 agent adalah Rp 4.875.000.000 x 2 agent = Rp 9.750.000.000. Jika ada 3 pemaian maka rata-rata omset travel tersebut: Rp 9.750.000.000 : 3 = Rp 3.250.000.000. Bulan

Download versi lengkap / full version (mediafire) :