Monday, June 24, 2013

Proposal Usaha Potong Rambut Cowok / Barbershop



STUDI KELAYAKAN BISNIS PANGKAS RAMBUT PRIA (BARBERSHOP)

PEMANGKAS RAMBUT PRIA (BARBERSHOP)
Jasa pankas rambut pria merupakan suatu kebutuhan rutinitas masyarakat, dimana masyarakat perlu merapikan rambutnya dengan kurun waktu 1-2 bulan sekali. Pada umumnya target market usaha ini adalah masyarakat menengah ke bawah dengan biaya jasa sekitar Rp 6.000 untuk dewasa dan Rp.5.000 untuk anak-anak.
Perkembangan permintaan jasa ini tergantung pada jumlah perkembangan penduduk dan padat atau tidaknya penduduk di sekitar lokasi usaha tersebut. Hal ini berkaitan dengan lokasi tempat tinggal yang tersedia dan tingkat kelahiran.
Pada pemukiman kota besar, dalam radius 1 km belum ada yang membuka usaha ini, tetapi terdapat usaha salon dengan harga yang relatif tinggi. Sedangkan penduduk setempat merupakan golongan ekonomi menengah kebawah. Diperkirakan total jumlah kepala keluarga lebih dari 3000 KK.
I.      KEPEMILIKAN DAN Pengurus Usaha
Pemrakarsa
Dengan latar belakang diatas saya bernama Dadang S. berencana akan membangun usaha Pangkas Rambut Pria di lokasi pemungkiman tersebut. Dan saya telah mendapatkan kios yang akan dikontrakan.
Kepemilikan Usaha
Usaha jasa Pangkas Rambut Pria ini merupakan usaha perorangan, dimana pengurus usaha adalah:
Pemilik / Pimpinan Usaha       : Dadang S.
Total Karyawan                      :  2 Orang
Riwayat hidup pemilik. Sebelumnya saya merupakan seorang ahli pangkas rambut yang pernah bekerja pada sebuah salon yang cukup besar. Saat ini saya ingin mencoba membangun usaha sendiri. Untuk lebih jelas tentang Curriculum Vitae (CV) saya, maka saya lampirkan dalam proposal ini.
Modal Usaha
Modal dasar usaha dan telah disetorkan sebesar Rp 2.050.000 (Dua juta lima puluh ribu rupiah):
Surat-Surat Izin
Surat-surat izin dan referensi yang telah dimiliki dan Photo Copinya yang dilampirkan dalam proposal ini adalah:
-          Surat izin Domisili
-          Surat Kawin
-          Copy BPKB Motor
-          Kartu keluarga
-          Kartu tanda penduduk (KTP)
II.    Pemasaran
Produk dan Segmentasi
Produk usah ini adalah jasa pemotongan rambut pria
Sedangkan segmentasinya adalah penduduk disekitar lokasi usaha ini.
Permintaan
Informasi yang kami dapat dari kelurahan ada 3416 KK dengan jumlah penduduk lebih dari 8000 orang, yang terdiri dari 4260 orang wanita, dan 3740 orang pria. Dari 3740 pria, dimana 30% dewasa dan 70% anak-anak
Dengan adanya usaha ini diperkirakan secara perlahan akan beralih ke potong rambut pria (barbershop) hingga 40% pada bulan ke 4
Pesaing
Saingan yang cukup berat akan dihadapai pangkas rambut pria ini adalah salon-salon yang sudah ada disana. Mengingat sebagian dari penduduk setempat merupakan golongan ekonomi menengah keatas diperkirakan 60% tetap menggunakan jasa salon untuk memotong rambut mereka
Peluang
Atas ilustrasi dan data diatas maka, diperkirakan proyeksi peluang usaha Pangkas Rambut Pria adalah: 


Download versi lengkap / full version :