Saturday, July 13, 2013

Proposal Bisnis Toko CD dan DVD Komputer



Waktu saya jalan-jalan ke Jakarta, saya diajak oleh rekan saya ke suatu mal, dimana ia akan mencari CD & DVD program dan game computer.
Dimal tersebut ada beberapa toko CD & DVD computer dan rata-rata pengunjungnya yang datang ke toko tersebut cukup ramai dan banyak para pembeli yang antri untuk mencoba CD & DVD yang akan dibeli untuk dicoba pada beberapa komputer yang disediakan.
Kebetulan saat itu saya lagi mencari suatu jenis usaha atau bisnis yang saya akan buka didaerah saya. Didaerah saya belum ada yang membuka usaha toko CD & DVD computer tersebut, sedangkan didaerah saya sudah ada beberapa perguruan tinggi jurusan computer dan juga masyarakat disana sudah mulai banyak memiliki computer pribadi.
Mengingat program komputer terus berkembang dengan inovasi barunya, begitu juga dengan game, lagu, film yang dapat ditranfer kekomputer, sehingga permintaan produk CD & DVD komputer tidak akan habis-habisnya.
Setelah saya utarakan niat saya kepada rekan saya untuk membuka toko CD & DVD komputer di daerah saya, dimana ia mau membantu saya untuk mencari sumber atau distributor CD & DVD komputer.
I.      KEPEMILIKAN DAN Pengurus Usaha
Pemrakarsa
Dengan latar belakang yang seperti diceritakan diatas, maka saya merencanakan membangun usaha Toko CD & DVD Komputer. Mengingat keterbatasan dana dalam membangun usaha tersebut, saya bermaksud untuk meminjam dana untuk menutupi kekurangan dana investasi saya.
Kepemilikan Usaha
Usaha Toko CD & DVD Komputer ini merupakan usaha perorangan, dimana pengurus usaha adalah:
Pemilik / Pimpinan Usaha       : Chandra H.
Pengurus Harian                      : Novie (istri)
Dibantu                                   : 2 orang karyawan
Riwayat hidup pemilik. Saat ini saya masih bekerja sebagai pegawai negeri, dimana dalam 2 tahun lagi saya akan pensiun, sementara ini yang mengurus usaha ini adalah istri saya dan dibantu karyawan. Untuk lebih jelas tentang riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV) saya, maka saya lampirkan dalam proposal ini.
Modal Usaha
Modal dasar usaha dan telah disetorkan sebesar Rp 22.500.000 (Dua puluh dua juta lima ratus ribu rupiah).
Surat-Surat Izin
Surat-surat izin dan referensi yang telah dimiliki dan Photo Copinya dilampirkan dalam proposal ini adalah:
-          Surat izin Domisili
-          Copy BPKB Mobil
-          Surat Kawin
-          Kartu keluarga
-          Kartu tanda penduduk (KTP)
II.    Pemasaran
Produk & Segmentasi
Produk usaha ini adalah menjual keeping CD dan DVD computer yang berisi program, game, lagu, film computer. CD adalah media tempat penyimpanan program, game, lagu, film dengan kapasitas 700 Mega bite, sedangkan DVD sama fungsinya tapi kapasitas memorinya lebih tinggi mencapai 4,7 Giga bite.
Segmentasi usaha ini adalah masyarakat dikota tempat saya tinggal.


Permintaan
Mengingat kota ini belum ada yang membuka usaha ini dan penduduk cukup padat, maka diperkirakan omset pada awal bulan operasi minimal Rp 750.000 perhari atau Rp 22.500.000 perbulan, dan akan naik dratis pada beberapa awal bulan dan selanjutnya akan naik rata-rata 5% perbulan.
Pesaing
Dikota tersebut belum ada pesaingnya.
Peluang
Mengingat pesaing tidak ada, maka peluang sama dengan permintaan. Proyeksi omset penjualan toko CD dan DVD ini adalah:
Bulan
Bulan
Omset penjualan
(Rp 000)
Kenaikan
(%)
Bulan-1
22,500
100%
Bulan-2
27,000
120%
Bulan-3
29,250
130%
Bulan-4
31,500
140%
Bulan-5
33,750
150%
Bulan-6
36,000
160%
Bulan-7
37,125
165%
Bulan-8
38,250
170%
Bulan-9
39,375
175%
Bulan-10
39,375
175%
Bulan-11
39,375
175%
Bulan-12
39,375
175%

Harga pokok
Harga pokok CD & DVD adalah:
CD sebesar 75,00%
DVD sebesar 70,00%

III.  Lokasi dan Teknis
Lokasi Usaha
Rencana Toko CD & DVD Komputer ini akan dibuka di tengah kota tempat saya tinggal.
Fasilitas dan perlengkapan usaha yang diperlukan dalam membangun usaha ini adalah:
-          Renovasi                                                                                         Rp       1.000.000
-          Besi Penggantung CD & DVD 5 unit x @ Rp 300.000                Rp       1.500.000
-          Komputer 4 unit x @ Rp 3.000.000                                               Rp     12.000.000
-          Kursi 10 unit x @ Rp 25.000                                                         Rp          250.000
-          Meja 5 unit x @ Rp 250.000                                                          Rp       1.250.000
-          Lain-lain                                                                                         Rp          500.000
Total                                                           Rp     31.500.000

IV.  Proyeksi Keuangan
Total biaya pembangunan Usaha Toko CD & DVD Komputer ini sebesar Rp 75.000.000, dengan rincian sebagai berikut:


Download versi lengkap proposal dan studi kelayakan bisnis toko cd, dvd komputer  :